Senin, 16 Agustus 2010

[HOT] Dengarkan musik bisa buat usia lebih panjang !!!



Musik memiliki sejarah panjang dalam terapi—mulai dari ritual penyembuhan tradisional hingga pengobatan terbaru penyakit Alzheimer. Cari tahu bagaimana musik yang mengalun ke telinga dapat memperpanjang usia Anda.
Dr. Maoshing Ni, pakar antiaging dan doktor pengobatan China mengulas manfaat musik untuk kesehatan jiwa dan raga, seperti dilansir Yahoo Health.
Musik sebagai terapi
Selama ribuan tahun, musik telah digunakan dalam pengobatan. Filsuf Yunani Kuno percaya bahwa musik memiliki efek penyembuhan tubuh dan jiwa. Menyanyi dan nyanyian telah menjadi bagian dari upacara penyembuhan asli Amerika selama ribuan tahun. Di Kekaisaran Ottoman, penyakit mental sering diterapi dengan musik. Sebuah pendekatan yang lebih formal untuk musik sebagai terapi dimulai setelah Perang Dunia II ketika pengaruh positif musik pada veteran yang terganggua secara emosional diamati.
Sampai saat ini, ada bukti bahwa terapi musik dapat mengurangi tekanan darah tinggi, depresi, dan gangguan tidur. Pada pasien Alzheimer, terapi musik telah terbukti secara signifikan mengurangi kecemasan dan agresi. Meskipun tidak ada klaim bahwa terapi musik secara langsung dapat menyembuhkan penyakit seperti kanker, profesional medis percaya bahwa musik dapat mengurangi gejala tertentu, membantu penyembuhan, meningkatkan gerakan fisik, dan memperkaya kualitas hidup pasien secara keseluruhan. Terapi musik sering digunakan dalam kombinasi dengan meditasi dan visualisasi.
Hidup lebih lama dengan lagu-lagu menenangkan
Dalam beberapa dekade terakhir, penelitian telah menemukan bahwa musik lambat dan tenang umumnya bermanfaat bagi kesehatan seseorang sedangkan musik cepat dan bergemuruh sebaliknya. Mendengarkan musik yang menenangkan meningkatkan fungsi kognitif, seperti memori, konsentrasi, dan kemampuan rasional, bahkan lebih baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, merilekskan ketegangan otot, mengatur hormon stres, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Musik klasik dan musik meditasi terbuki memiliki manfaat paling besar pada kesehatan. Di sisi lain, suara yang menganggu dapat menyebabkan stres, dengan segala konsekuensi negatif untuk kesehatan Anda.
Komponis yang disarankan paling efektif untuk meningkatkan kualitas hidup, adalah Bach, Mozart dan komposer Italia, seperti Vivaldi dan Scarlatti. Tidak yakin? Coba pertimbangkan, musisi klasik—konduktor orkestra, khususnya—adalah salah satu pekerja profesional yang usianya cukup panjang.
Mainkan musik dorong kecerdasan otak
Bila Anda belajar hal-hal baru, Anda memberikan latihan pada otak. Lalu, mengapa tidak memelajari instrumen baru? Penelitian telah menemukan bahwa mahasiswa yang mengambil pelajaran musik meningkat tingkat IQ-nya, bahkan menunjukkan peningkatan kemampuan nonmusikal. Juga, ketika Anda memainkan alat musik tiup, seperti saksofon, flute, terompet, trombone, klarinet—bahkan seruling—, Anda mendapatkan manfaat tambahan untuk meningkatkan kapasitas paru-paru.
Musik untuk semua umur. Ada semakin banyak bukti bahwa olahraga fisik dan mental secara teratur memaksimalkan kesehatan secara keseluruhan dan berfungsi pada manula. Sebab, manula yang tidak mampu latihan fisik, maka musik menjadi solusinya yang dapat memberikan manfaat signifikan, baik stimulasi mental maupun fisik bahkan pada manula yang rapuh. Baik bernyanyi dalam paduan suara atau mendengarkan rekaman musik, musik dapat berfungsi sebagai suatu seni penyembuhan yang efektif untuk manula.
Penyembuhan suara membawa keseimbangan
Jika rumah atau kantor Anda secara konsisten dikuasai oleh suara mengganggu, seperti lalu lintas dan proyek konstruksi, pertimbangkan untuk menangkal kebisingan dengan sumber bunyi halus. Cobalah air mancur dengan gelembung air dalam ruangan untuk menenangkan saraf Anda. Bunyi genta lonceng angin yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti bambu atau kerang juga memberikan kedamaian. Carilah suara yang menenangkan hati Anda, lalu jadikan sebagai latar belakang hari-hari Anda.
Anda juga dapat menggunakan musik untuk menenangkan diri sebelum tidur. Tubuh kita berjalan pada ritme biologis dan fungsi terbaik dengan rutinitas yang konsisten, termasuk tidur, dan membentuk kebiasaan sehat sebelum tidur membantu Anda tidur lebih nyenyak. Bermain musik tenang satu jam sebelum tidur adalah salah satu cara untuk mendorong respons tidur otomatis. Beberapa teknik bermanfaat lainnya, termasuk menulis diary, meditasi, dan minum secangkir teh herbal

0 komentar:

Posting Komentar